Nina Nursuhaniah

Mother, teacher, books lover, moviegoer, and traveller wanna be.... ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar Rubik (Tantangan Hari ke7)

Belajar Rubik (Tantangan Hari ke7)

Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran utama yang di UN-kan. Oleh karena itu, para siswa harus mengikuti ujian praktik (uprak) terlebih dahulu sebelum mereka mengikuti UN. Sekolah kami, SMAN 1 Mande sudah memulai uprak sejak hari Senin minggu kemarin. Dijadwalkan oleh bagian Kurikulum, uprak dilaksanakan dari tanggal 13-22 Januari 2020.

Uprak Bahasa Inggris kali ini diberikan dalam dua jenis penilaian yaitu Writing dan Speaking. Keduanya dilaksanaan dalam waktu yang bersamaan sesuai jadwal. Tiga minggu sebelumnya, saya sudah memberikan rambu-rambu tentang uprak yang harus para siswa ikuti. Untuk Writing, mereka harus menyiapkannya terlebih dahulu. Temanya bebas, bisa tentang family, vacation, idea, dreams, hobby, atau personal experience lainnya. Sedangkan untuk Speaking, mereka cukup menarasikan atau retell tentang apa yang sudah di tulis sebelumnya. Speaking mereka akan dinilai berdasarkan kriteria seperti fluency, pronunciation, dan structure.

Hari ini kebagian uprak di kelas XII IPA 3. Siswanya berjumlah 32 orang. Uprak hari ini Alhamdulillah berjalan lancar. Mereka sudah mempersiapkannya dengan baik. Untuk Writing, hanya ada tiga orang yang harus diulang. Sisanya sudah sesuai dengan ketentuan yang sudah disepakati, yaitu minimal tiga paragraf. Dilihat dari keseluruhan, para siswa mempersiapkan Writing dengan baik. Bahkan banyak siswa yang membuat karangan lebih dari tiga pargaraf. Membaca karangan mereka membuat saya memahami dunia mereka secara tidak langsung. Saya merasa senang ketika harus membaca sekaligus mengoreksi karangan mereka.

Dari 32 karangan, ada beberapa karangan yang menarik perhatian saya karena mempunyai topik menarik. Salah satunya, siswa yang bernama M. Nadzir Soleh. Dia menulis karangan yang berjudul Rubik is My Passion. Dalam karangannya dia menceritakan bahwa dia menyukai permainan Rubik sejak kelas 6 SD tetapi baru memperdalamnya di kelas 3 SMP. Rubik adalah sebuah permainan puzzle yang berbentuk kubus. Permainan ini membutuhkan konsentrasi penuh untuk menyelesaikannya. Terdapat banyak jenis Rubik yang biasa dimainkan, yaitu Rubik 2x2, 3x3, 4x4, 5x5, dll. Serta adapula permainan Rubik selain berbentuk kubus seperti Piramink, Megamink, Square 1, Mirror Cube, Magic Cube, dll.

 Menurut Nadzir, jika tertarik bermain Rubik, maka harus belajar Rubik 3x3 terlebih dahulu sebagai Rubik dasar. Setelah itu baru mempelajari Rubik bentuk lain atau rubik ukuran lain. Untuk memeperdalam dan mengasah permainan rubik, anda dapat melihat sekaligus mengunduh tutorial permanannya di Youtube.

Dalam tulisannya, Nadzir menceritakan jika pada saat pertama kali bermain Rubik dia membutuhkna waktu hingga satu minggu untuk mengerti bagaimana permainan Rubik 3x3. Setelah memahami permainannya, baru dia mencoba memainkannya dan mengukur waktunya menggunakan stopwatch. Ternyata dia menghabiskan waktu hingga tiga menit. Setelah belajar dengan keras dengan menonton tutorial permainan Rubik di  Youtube, akhirnya dia dapat menyelesaikannya kurang dari 30 detik. Bahkan ketika dia menunjukkan kemampuannya secara langsung, menyusun Rubik yang saya acak, dia mampu menyelesaikannya dalam waktu 19 detik saja. Wow! He’s amazing! (To be continued)....

 

***RN***

 

Tantangan hari ke-7

#TantanganGurusiana

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post