Nina Nursuhaniah

Mother, teacher, books lover, moviegoer, and traveller wanna be.... ...

Selengkapnya
Navigasi Web
KUPUKUPU DI SEKOLAHKU

KUPUKUPU DI SEKOLAHKU

Anda sering melihat kupu-kupu? Hewan cantik yang sayapnya berwarna-warni ini merupakan jenis serangga dari ordo Lepidoptera yaitu serangga bersayap sisik. Ketika kupu-kupu hinggap di atas tanaman atau dedaunan, maka kupu-kupu memiliki kebiasaan menegakkan sayapnya. Dilansir dari Konservasi Sumber Daya Hutan dan Ekowisata Institut Pertanian Bogor dalam (www.idntimes.com), Indonesia memiliki kurang lebih 1.900 jenis kupu-kupu atau 10 persen dari semua jenis kupu-kupu yang ada di dunia. Wow, banyak ya!

Kupu-kupu merupakan salah satu contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna atau holometabola. Apa itu metamorfosis sempurna? Metamorfosis sempurna adalah proses pertumbuhan pada serangga yang terjadi dengan adanya perubahan bentuk ketika muda hingga akhirnya hewan tersebut menjadi dewasa. Pada holometabola terjadi masa transisi perubahan bentuk hewan mulai dari larva hingga tumbuh menjadi kepompong. Kupu-kupu sendiri mengalami empat tahap masa pertumbuhan yaitu,telur, larva, pupa, dan imigo. Proses tersebut dapat memakan waktu sekitar 30-50 hari sesuai dengan kondisi lingkungan.

Tahukah anda? Ternyata kupu-kupu sangat bermanfaat bagi lingkungan. Dilansir dari www.forestry-information-center.ipb.ac.id, kupu-kupu memiliki peran penting bagi lingkungan. Pertama, Kupu-kupu berperan sebagai Bioindikator Lingkungan. Jika anda menemukan banyak kupu-kupu berwarna cerah beterbangan di sekitar anda, itu merupakan indikasi bahwa lingkungan tersebut asri. Sedangkan jika kupu-kupu yang beterbangan berwarna kusam atau gelap, itu sebagai indikasi jika lingkungan tersebut tercemar. Warna kusam tersebut merupakan bentuk adaptasi yang dilakukan oleh kupu-kupu terhadap lingkungannya.

Kedua, kupu-kupu berperan sebagai Polinator. Artinya kupu-kupu termasuk hewan yang membantu penyerbukan tumbuh-tumbuhan. Ketiga, kupu-kupu berperan menjadi Inspirasi Inovasi Teknologi bagi para pengusaha tekstil atas terciptanya alat menyerap energi surya.

Kupu-kupu merupakan hewan diurnal atau hewan yang aktif pada siang hari. Tak salah memang jika siang tadi, sepulang saya makan siang dari warung nasi Bu Sahim, saya melihat banyak sekali kupu-kupu yang hinggap di bunga-bunga yang tumbuh di pekarangan sekolah. Mereka begitu asik menghisap sari bunga atau nektar yang terdapat dalam bunga. Saya pun merasa sangat senang menemukan banyak kupu-kupu yang beterbangan di sekitar sekolah. Itu artinya lingkungan sekolah kami masih asri dan menjadi tempat yang nyaman bagi kupu-kupu. Alhamdulillah.

***RN***

P.S: Di bawah ini beberapa kupu-kupu yang bisa saya potret. Aslinya lebih banyak tetapi susah untuk difoto, hehe....

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Iya Bund, ternyata kupukupu bermanfaat bagi lingkungan. Terima kasih kunjungannya, sukses terus buat Bunda

21 Jan
Balas

Kupu kupu cantik dan bermanfaat. Sukses selalu dan barakallahu fiik

08 Jan
Balas



search

New Post