Nina Nursuhaniah

Mother, teacher, books lover, moviegoer, and traveller wanna be.... ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Swing Mood karena PMS

Swing Mood karena PMS

Sudah sejak tiga hari yang lalu, emosiku tak stabil. Perasaan yang aku alami rasanya naik turun. Sepertinya aku mengalami swing mood. Sebentar senang sebentar sedih. Mudah tersinggung dan sedikit emosian. Padahal jika dipikir-pikir tak ada kejadian luar biasa yang jadi penyebabnya. Ada yang punya pengalaman sama? Hmmm, aku yakin hal ini pasti karena si dia akan datang. Tamu rutin bagi perempuan yang terlahir istimewa.

Dikutip dari www.m.brilio.com, Premenstrual Syndrome (PMS) merupakan kombinasi dari perubahan emosi, fisik, psikologi, dan suasana hati yang terjadi setelah siklus menstruasi berakhir. Biasanya, PMS berlangsung selama kurang lebih tujuh hari sebelum menstruasi dan bisa berlanjut hingga menstruasi selesai. PMS biasanya ditandai dengan emosi yang tidak stabil, seperti lekas marah, gampang tersinggung, sensitif, mudah sedih, dan mudah menangis tanpa sebab yang jelas. Kok bisa? Sebetulnya penyebab PMS belum diketahui secara pasti tapi beberapa ahli menyimpulkan bahwa hal tersebut disebabkan oleh perubahan atau tidak seimbangnya hormonal dalam tubuh.

Apa yang harus dilakukan jika mengalami PMS atau mood swing? Ternyata caranya cukup mudah lho, agar mood yang buruk bisa kembali normal. Pertama, kurangi makanan bergaram, seperti kacang-kacangan, kentang goreng, dan makanan berbumbu lainnya. Kedua, Kurangi makanan berupa tepung, gula, kafein, dan cokelat. Ketiga, perbanyak makanan yang mengandung kalsium dan vitamin C dosis tinggi. Keempat, Makanlah makanan yang mengandung serat. Kelima, perbanyak minum air putih.

Selain tip di atas, ada pula yang lebih ampuh agar emosi yang tak stabil segera kembali baik. Yaitu lebih mendekatkan diri dengan Allah, Sang Maha Pencipta dengan memperbanyak membaca istigfhar, dzikir pagi, dan sore. Tambahkan pula dengan murojaah surat-surat Alquran. Satu lagi, selalu berhusnudzon atau berpikiran positif dengan apa yang terjadi. Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar bad mood berubah menjadi good mood. Have a try!

 

P.S: Edisi instropeksi diri.

***RN***

Tantangan Hari ke-9

#TantanganGurusiana

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post